Psyche dalam bahasa Yunani sendiri berartikan jiwa dan logos yang berarti ilmu. Sebuah kisah legendaris Mitologi Yunani percaya, Psyche adalah sosok wanita cantik dimana setiap orang akan terpesona ketika melihatnya.

Legenda Mitologi Yunani Kisah Cinta Cupid dan Psyche

Afrodit saat itu yang pernah menjadi dambaan banyak orang akhirnya tersaingi karena kecantikan Psyche. Dewi cinta / Afrodit pun akhirnya menjadi marah dan melakukan sesuatu yang buruk kepada Psyche. Baca kisah lengkapnya dibawah ini:

Cerita Mitologi Tua Yunani, Kutukan Psyche Dan Kisah Cinta Cupid dan Psyche

Karena Dewi Afrodit tidak terima kecantikannya telah tersaingi dengan Psyche. Akhirnya Afrodit mengirim anaknya Cupid, untuk membawa kutukan bagi Psyche agar mencintainya. Namun saat melihat Psyche, Cupid malah terpesona dan tidak sengaja membuat kutukan panah cinta menusuknya.

Cupid pun terkena kutukan cinta, Ia jatuh hati kepada Psyche. Namun Afrodit tidak mengetahui hal ini, sehingga membuat Afrodit merasa curiga karena tidak ada perkembangan. Akhirnya Afrodit datang langsung ke Istana Psyche dan memberikan kutukan agar tidak ada yang mau melamar Psyche.

Kutukan Psyche Dan Kisah Cinta Cupid dan Psyche

Orangtua Psyche pun merasa sedih, namun Afrodit menambahkan hanya pria yang ada didalam gua lah yang bisa menikah dengan Psyche. Akhirnya Psyche pergi ke bukit dan mulai menelusuri gua yang ada didalam sebuh gunung. Dan didalam gua gelap dan tidak ada cahaya Psyche mendengar ada suara halus.

Dari kejauhan terdengar suara sosok pria yang lembut dan perlahan mendekat pada Psyche. Mereka pun melakukan ritual serta melakukan hubungan seksual selama berada didalam gua gelap tersebut. Karena merasa sangat rindu dengan orang tuanya, Psyche melanggar kutukan dan pergi kembali ke Istana.

Mengetahui Psyche kembali ke istana, Afrodit menjadi semakin marah dan menemui Psyche. Lalu Afrodit mengutuk Psyche untuk tertidur selamanya dan tidak ada sosok yang bisa membangunkannya selain orang yang sudah berhubungan dengan Psyche. Cupid yang saat itu sudah menjadi pasangan Psyche memberanikan diri untuk keluar dari gua.

Artikel Sebelumnya : Makhluk Mitologi Bali Yang Sangat Terkenal

Setiba di Istana Cupid melihat tubuh Psyche yang sedang tertidur abadi. Namun ketika Cupid mencium bibirnya, kutukan Afrodit pun musnah. Lalu Cupid membawa Psyche ke Dewa Zeus untuk meminta agar Psyche diberikan keabadian atas hidupnya.

Dewa Zeus pun setuju dan memberikan keabadian kepada Psyche. Setelahnya Psyche & Cupid pun hidup bahagia didalam gua, memiliki anak bernama Hedone (“kesenangan”). Afrodit sendiri telah memaafkan Psikhe bahkan dia ikut menari dalam pesta pernikahan mereka.