Suku Bali adalah salah satu yang dikenal dengan pulau tempat asalnya yang sangat indah. Selain itu Bali juga dikenal dengan orang-orang pribuminya yang sangat ramah dan sopan. Berlibur ke Bali adalah salah satu tujuan destinasi yang banyak diinginkan orang.

Makhluk Mitologi Bali Yang Sangat Terkenal

Namun siapa sangka, orang Bali juga memiliki beberapa makhluk mitologi yang tidak diragukan keberadaannya oleh warga asli Bali. Segian besar dari mahluk mitologi ini merupakan bagian dari ajaran kepercayaan orang Bali. Penasaran apa saja? Berikut informasinya!

Makhluk Mitologi Yang Dipercaya Orang Bali, Dalam Kehidupan Masyrakat Hindu Bali

Makhluk Mitologi Yang Dipercaya Orang Bali

  • Barong

Makhluk mitologi Bali pertama dan paling populer adalah Barong. Bahkan Barong juga menjadi ciri khas dari Bali, orang lokal disana percaya kalau Barong adalah pemimpin pasukan kebaikan. Barong juga melawan Rangda, Barong memiliki tampilan menyerupai singa, gajah, atau babi. Namun sampai sekarang belum ada yang tahu, bagaimana penampakan asli dari Barong, apakah benar atau tidak?

  • Rangda

Rangda memiliki arti janda. Ini merupakan sebutan khusus untuk janda yang berasal dari kasta Brahmana, Ksatria, dan Waisya. Pada pertunjukan seni, sosok Rangda digambarkan sedang bertarung dengan Barong. Hal ini sebagai gambaran pertentangan antara baik dan buruk di dalam kehidupan manusia.

Di Bali biasanya banyak wisatawan dari Hongkong yang datang untuk melihat festival ini. Pemain joker123 dari Hongkong ternama juga rutin mengikuti acara ini setiap tahunnya, dengan mengunjungi Bali di bulan ke-6.

  • Garuda

Banyak yang tidak tahu kalau Garuda adalah burung yang berasal dari kepercayaan orang Bali. Dan banyak orang juga yang tidak tahu kalau burung garuda itu sebenarnya tidak ada dalam spesies burung. Namun bagi orang Bali, Garuda adalah sebagai kendaraan bagi Dewa Wisnu. Bahkan ada banyak sebutan untuk makhluk mitelogi yang satu ini, yaitu: Kasyapi, Garutman, Daksaya, atau, Suparna.

  • Antaboga

Dalam kisah-kisah pewayangan, Antaboga sendiri merupakan penguasa ular yang hidup di bawah tanah. Ia berwujud menyerupai seeokor ular naga yang mengenakan mahkota dan berkalung emas.

Baca Juga : Kumpulan Dewa Petir Di Dunia Mitologi Kuno

  • Bedawang dan Naga Besukih

Hewan mitologi Bali yang berwujud seperti penyu raksasa ini bernama Bedawang. Hal ini menggambarkan seperti Bedawang sedang membawa bola dunia di punggungnya. Namun disisi lain, ada yang pecaya kalau Bedawang adalah penyu raksasa yang bertarung melawan Naga Besukih hingga terlilit ditubuhnya. Sebagai penyu, Bedawang juga merupakan hewan yang pasif. Kalau ia bergerak sedikit, maka akan terjadi bencana alam di dunia seperti gempa dan letusan gunung. Mungkin karena itu ia ditahan oleh dua ekor ular naga.