Seri Mitologi Nordik (Norse Mythology)

Seri Mitologi Nordik (Norse Mythology)

Seri Mitologi Nordik (Norse Mythology) merupakan kepercayaan masyarakat Eropa utara sebelum kedatangan agama Kristen. Kisah-kisah legenda yang mereka percayai ditulis sebelum dan sesudah adanya agama Kristen di Eropa. Kisah ini berisi tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa dan terangkum dalam Eddas.

Seri Mitologi Nordik (Norse Mythology)

Untuk bangsa Skandinavia tradisi menjalankan kepercayaan terhadap mitologi ini masih dapat ditemukan di daerah pedesaan tradisi-tradisi kuno. Hingga sekarang mitologi tersebut sangat berpengaruh dalam perkembangan kesusastraan.

Seri Mitologi Nordik Bagi Bangsa Skandinavia

Skandinavia adalah sebutan untuk semua bangsa yang menempati / orang asli mendiami daerah Eropa bagian utara. Bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia disebut dengan bangsa Skandinavia. Sebutan lainnya orang utara untuk bangsa Skandinavia adalah Norseman atau Northman.

Sekolompok Viking yang berasal dari bajak laut dari Norwegia sangat dipercaya sebagai mitos dan cerita legenda mereka. Miteologi lainnya juga diciptakan oleh Yunani, dimana kepercayaan tentang dewa-dewa sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup & bumi. Jarang mitos Skandinavia mereka ini dikenal luas oleh bangsa-bangsa lain, berbeda dengan mitos Bangsa Yunani lebih populer.

Seri Mitologi Nordik

Ideologi mitologi Nordik mengenal istilah 9 dunia, yang mana sembilan dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil. Pusat dari dunia adalah pohon Yggdrasil tersebut, sementara akar-akarnya memiliki dunia berbeda-beda. Adapun 9 dunia dari pohon Yggdrasil yaitu:

  1. Asgard
  2. Vanaheimr
  3. Alfheim
  4. Midgard
  5. Jotunheimr
  6. Niddhavellir/Infierno
  7. Svartálfheim
  8. Muspell/Muspellheim
  9. Niflheim

9 dunia menurut kepercayaan Skandinavia yang menganut kepercayaan Mitologi Nordik ini diciptakan oleh Odin dan saudara-saudaranya setelah membunuh Ymir.

Bangsa Skandinavia sangat mengagumi kerajaan Asgard, karena dunia ini berada di level pertama. Semua keturunan ras dewa paling berkuasa, perusak dan petarung itu berasal dari dunia Asgard.

Salah satu yang terkenal dari Asgard ini adalah adanya aula yang sangat besar disebut Valhalla, tempat Odin dan dewa-dewa lain berkumpul dan menjamu para Einherjar, yaitu orang-orang yang mati dalam peperangan yang dibawa oleh Valkrye (hantu yang memutuskan siapa yang mati dalam perang).